Jumat, 18 Juli 2014

Mengenal Madu Alami

"Lebah dan madu adalah bukti akan kebesaran Allah, sebagai pemilik dan pencipta alam, sebagaimana yang diisyaratkan dalam Al-Qur'an surat An-Nahl:69: kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan"

manfaat-madu
pic source: muhammadyusuf99.wordpress.com














Baik ilmu ketabiban dan kedokteran menyebutkan bahwa kesehatan manusia berasal dari apa yang dikonsumsinya. Kebiasaan makan yang benar dan sehat sejak usia dini menjadikan tubuh lebih bertahan dari gangguan penyakit. Pada usia dewasa ketidakmampuan seseorang untuk mengatur pola makannya sangat signifian memicu timbulnya berbagai macam penyakit berat. 

Keadaan zaman dan perubahan pola hidup dan pola makan manusia saat ini memang menjadi banyaknya kebutuhan tubuh yang terabaikan. Mineral yang berkurang atau vitamin yang hilang dari makanan yang kita konsumsi menjadikan tubuh seringkali rentan terhadap penyakit. Madu adalah salah satu pengisi kekosongan yang mungkin terdapat dalam tubuh dikarenakan kurang baiknya pola makan kita.

Selama berabad-abad madu yang dibuat oleh lebah dari sari bunga merupakan zat pemanis murni dan alami serta salah satu bahan makanan manusia. Madu berbentuk cairan. Umumnya memiliki rasa manis, karena berasal dari nektar aneka bunga atau bagian tanaman.

Madu adalah pangan alami sekaligus obat yang diproses secara alami oleh lebah di sarangnya. Fruktosa dan glukosa merupakan zat utama pada madu. Madu yang bagus memiliki kalori +/- 3.280 cal/kg. madu tidaklah dibuat oleh manusia, karena madu yang dibuat secara sintetis akan berbeda rasa, bau, kandungan serta manfaatnya. Yang membedakan antara lain adalah kadar asam (PH), kandungan enzim diastase, HMF (5 hidroxy-methyl furfural), kandungan fruktosa dan dextrosanya serta kemampuan madu yang dapat memutar optic ke kiri pada alat Polarimeter. Jadi hanya madu yang dikumpulkan dan diproses secara alami oleh lebahlah yang bisa disebut MADU MURNI ALAMI.

Madu di Indonesia dihasilkan oleh bermacam-macam jenis lebah, diantaranya jenis lebah liar seperti: Apis Dorsata dan Trigona sp serta madu ternak seperti Apis mellifera, Apis indica, dan Apis florae.

Jenis madu antara lain madu apel, madu durian, madu kelengkeng, madu rambutan, madu mangga, madu kopi, madu randu, madu hutan, madu kaliandra, serta madu multiflora.

sumber: jurnal Al-Ghuroba'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar