Rabu, 23 Juli 2014

Bolehkah Anak-Anak dan Bayi Mengkonsumsi Madu ?

Ada pendapat bahwa madu tidak boleh diberikan pada anak dibawah usia 1 tahun, karena mengandung Clostridium botulinum, seringkali terdapat pada makanan kalengan.

Pendapat ini menurut kami tidak benar dan telah dibuktikan oleh Tim dokter dari rumah sakit Al Kafji National Hospital - Kerajaan Saudi Arabia yang meneliti lebih dari 220 contoh madu dari berbagai negara dan interview dengan keluarga dari 1500 bayi lebih yang di beri madu sejak lahir.

Dari penelitian ini membuktikan TIDAK ADA SATUPUN madu yang tercemar clostridium Botilinum dan tidak ada satupun bayi yang menderita Botulism karena madu. Jadi peluang adanya Clostridium Botilium pada madu, sama dengan peluang keberadaannya pada bahan makanan lain yang berasal dari alam seperti susu dan lain-lain. Jadi madu insya Allah aman di konsumsi segala usia bahkan bayi di bawah usia 1 tahun, yang terpenting perlu diperhatikan dosis penggunaannya pada anak-anak terutama di bawah usia 1 tahun dan dengan pengencer (dicampur air yang sudah masak).

sumber : Jurnal Al-Ghuroba'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar