Minggu, 20 Juli 2014

Madu bagi Penderita Diabetes

Pada penderita diabetes (kencing manis, penyakit gula), madu asli aman bagi mereka. Penyakit ini diakibatkan karena terganggunya kinerja pankreas dalam memproduksi insulin. Insulin inilah yang berperan untuk memecah zaat gula jenis disakarida.

Berbeda dengan gula pasir (disakarida) yang membutuhkan enzim insulin untuk dapat dipecah dan diserap tubuh, madu yang merupakan gula monosakarida akan langsung diserap tubuh dan diubah mnjadi energi. Karenanya, madu insya allah aman bagi penderita diabetes bahkan bisa membantu menstabilkan kadar gula dalam darah menjadi normal.

Pada beberapa rumah sakit, madu dimanfaatkan untuk memperbaiki jaringan kulit yang terinfeksi bahkan mencegah amputasi. Caranya mudah, dengan mengoleskan madu pada bagian tubuh yang sakit. Cara ini yang dilakukan Profesor Jennifer Eddy, MD dari Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat Universitas Winsconsin, Amerika Serikat. Dia juga menuturkan kombinasi antara agen antibakterial dengan hidrogen peroksida yang dihasilkan oleh bakteri, bisa membantu membersihkan infeksi yang sulit diobati dengan metode lainnya.

sumber: Jurnal Al-Ghuroba'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar